Sarang Semut Papua

Indonesia yang dikenal memiliki banyak kekayaan alam yang berlimpah dan dikenal sebagai negara megabiodeversitas, Indonesia memiliki 30.000 spesies tumbuhan. Dari jumlah itu 940 di antaranya adalah tumbuhan obat. Salah satu tumbuhan obat yang potensial dikembangkan adalah sarang semut Myrmecodia pendans. Bentuk tumbuhann yang banyak tumbuh di hutan-hutan Papua itu unik. Di bagian ujung tumbuhan terdapat daun, kemudian di bagian tengahnya menggelembung seukuran bola voli. Dalam Ilmu Botani, bagian itu disebut Kaudeks. Seluruh permukaan yang menggelembung itu penuh duri.

Gambar sarang semut asli Papua

Bila kaudeks itu dibelah, tampaklah lorong-lorong. Nah, di dalam kaudeks itulah  biasanya terdapat banyak semut. Sarang semut benar-benar menjadi sarang bagi semut. Mungkin karena itulah ia disebut sarang semut. Selain semut, cendawan endofit terdapat di dalam tumbuhan itu. Sarang semut hidup menggantung di cabang-cabang pohon hingga ketinggian belasan meter dari permukaan tanah. Di Papua sarang semut ditemukan menggantung di pohon-pohon yang tumbuh di ketinggian 2.500 mdpl.

Keberadaan semut di dalam sarang semut masih menjadi misteri. Kestabilan suhu di dalam lorong itu membuat koloni semut betah berlama-lama bersarang di dalam tumbuhan itu. Dalam jangka panjang terjadilah reaksi kimia secara alami antara senyawa yang dikeluarkan semut dengan zat yang terkandung di dalam sarang semut.

Masyarakat Tiom dan Wamena menyebut sarang semut dengan nama nongon. Mereka yang tinggal di pedalaman Wamena Barat menggunakan sarang semut secara turun-temurun. Suku-suku di Bongondini dan Tolikara, Papua juga memanfaatkannya untuk mengatasi rematik dan asam urat. Bahkan jika babi-babi mereka sakit pun diberi rebusan sarang semut. Selain Myrmecodia pendans, disana terdapat 9 spesies lain.

Namun, suku-suku di bagian tengah Lembah Baliem justru tak mengenal sarang semut sebagai tumbuhan obat. Makanya jangan heran bila sarang semut dibiarkan membusuk di cabang-cabang pohon. Hendro yang tinggal di Lembah Baliem kemudian mengolah tumbuhan epifit itu setelah seorang tamunya dari pedalaman Wamena mengatakan sarang semut berkhasiat obat.

Mula-mula Hendro mengolah dan meminum sendiri rebusan sarang semut. Reaksi yang ia rasakan adalah tubuh lebih bugar. Sarang semut dapat memperbaiki metabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga stamina meningkat. oleh karena itu Hendro memberikan serbuk sarang semut kepada kerabat yang mengidap penyakit akut. Dari situlahh akhirnya masyakarat memanfaatkan sarang semut untuk mengatasi beragam penyakit.

CARA PEMESANAN KAPSUL SARANG SEMUT DAN IRISAN SARANG SEMUT

Harga Kapsul Sarang Semut Papua Asli

Harga Kapsul Sarang Semut Papua Asli

Harga Kapsul Sarang Semut Papua Asli

Harga Kapsul Sarang Semut 1 Botol isi 80 Kapsul = Rp.115.000,-

Paket HEMAT Setiap Beli 3Botol GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

garis

Harga Irisan Sarang Semut Papua Asli

Harga Irisan Sarang Semut Papua Asli

Harga Irisan Sarang Semut Papua Asli

Harga Irisan Sarang Semut 1 Bungkus isi 100gr = Rp.115.000,-

Paket HEMAT Setiap Beli 3Bungkus GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Kapsul Sarang Semut:

SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Kapsul Sarang Semut, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap

Cara Pemesanan Irisan Sarang Semut:

SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Irisan Sarang Semut, Jumlah Bungkus yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3bungkus gratis 1bungkus, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap

This entry was posted in Cara Minum Sarang Semut and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.